Rabu, Oktober 28, 2020

Empat Misteri Alam yang Berhasil Dipecahkan, Ada Segitiga Bermuda

Potlot.id — Beberapa misteri alam di berbagai negara mulai terpecahkan. Namun, butuh waktu yang sangat lama untuk bisa memecahkan misteri-misteri tersebut.

Sebelum diusut, sudah banyak informasi dan teori-teori yang tak bertanggung jawab bertebaran di dunia maya.

Seperti dikutip Merdeka dari berbagai sumber, berikut misteri-misteri yang sudah berhasil terpecahkan oleh para ilmuwan.

#1 Segitiga Bermuda

Sebetulnya, misteri Segitiga Bermuda bukan kali ini saja terpecahkan. Pada 2016 lalu, ada awan heksagonal yang ada di atas Segitiga Bermuda, mampu menciptakan semacam ‘bom udara’ yang mengerikan, dengan kecepatan angin sebesar 170 mil per jam.

Seorang Meteorologis bernama Randy Cerveny, beranggapan bahwa ledakan badai ini dapat membalik kapal laut dan menghujamkan pesawat yang lewat ke laut.

‘Bom udara’ ini dibentuk oleh ledakan kecil yang secara alami terjadi, dan ledakan tersebut muncul dari bawah awan, lalu menghantam lautan dan membentuk badai yang seringkali berukuran masif.

Inilah yang akan menghancurkan kapal dan pesawat secara sekejap.

Sementara, baru-baru ini para peneliti dari Universitas Southampton mengatakan kapal-kapal itu terisap ke dalam lautan oleh gelombang dahsyat setinggi lebih dari 30 meter.

“Ada badai menuju Utara dan Selatan, yang kemudian bertemu. Kami mengukur ketinggian gelombang ombak bisa mencapai 30 meter. Makin besar kapal maka kerusakan akan makin parah,” kata Dr Simon Boxall, ahli kelautan yang memimpin penyelidikan.

#2 Lubang Sungai Florida

Arkeolog sebenarnya sudah lama mengetahui tentang lubang dalam di Sungai Aucilla, yang terletak di sebelah selatan Tallahassee, Florida, Amerika Serikat (AS).

Karena begitu dalam dan gelap, tidak ada seorang pun yang berani menyelam ke dalamnya. Sampai akhirnya Jessi Halligan, seorang profesor di Florida State University, memutuskan untuk melakukan penelitian.

Proyeknya membawa hasil yang sangat mengejutkan. Ekspedisi penyelamannya menemukan gading mastodon dengan alur panjang, karena gesekan dengan alat manusia yang juga ditemukan di dekatnya.

Penemuan itu sangat mengesankan karena manusia ternyata menghuni wilayah Florida jauh lebih awal dari yang diperkirakan semula, yaitu 14.500 tahun.

#3 Kuburan Paus di Chili

Sebuah kuburan massal berisi tulang belulang paus ditemukan di tengah Gurun Atacama, Chili.

Para ilmuwan awalnya tidak dapat memahami apa yang mungkin menyebabkan paus-paus itu mati secara massal. Sampai akhirnya, mereka menemukan tulang-belulang itu berasal dari lima periode waktu yang berbeda.

Lapisan tulang belulang pertama diduga berasal dari periode 20.000 tahun yang lalu. Kematian mamalia laut terbesar di dunia itu disebabkan oleh bunga ganggang laut beracun.

#4 Komputer Pertama Yunani

Alat mekanik Antikythera dijuluki sebagai komputer pertama di dunia.

Ditemukan di kapal yang tenggelam pada sekitar abad 80-50 SM, bagian kayu yang berbentuk kotak telah membusuk dan bagian logamnya berkarat.

Pada 2017, para ilmuwan akhirnya berhasil menemukan tujuannya: Antikythera adalah perangkat navigasi.

Sungguh menakjubkan bahwa mesin canggih semacam itu telah diciptakan pada masa itu. Mekanisme lain seperti itu baru ditemukan beberapa milenium kemudian.(*)

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

POPULER

Salat tapi Pacaran?

Oleh: Ahmad Syarief Potlot.id -- Pacaran, sebuah istilah bagi sepasang anak manusia yang saling mengikat hubungan satu sama lain dengan komitmen sehidup semati. Namun sejak kapan...

Nabi Yunus, Lockdown, dan Doanya

Oleh: Prof. Madya Dr. Abdurrahman Haqqi* Potlot.id -- Jika Anda ditanya, “Siapakah dua orang Rasul yang dinasabkan kepada ibunya?” Nabi Isa AS yang dinasabkan kepada...

Tipe-Tipe Mahasiswa Menyebalkan dari Kaca Mata Dosen

Oleh: Ilham Syahrul Jiwandono Dari banyak tulisan keluhan mahasiswa soal kuliah, kebanyakan meyakini bahwa nilai jelek itu artinya ada andil kesalahan dosen. Hmm. Hape saya berdering, tampak ada pesan wasap masuk dari...

Meneladani Mujahidah Tangguh Zaman Rasulullah

Potlot.id -- Bersungguh-sungguh dalam membela Agama Islam di garda depan bukan monopoli kaum lelaki saja. Di zaman Rasulullah, perempuan-perempuan pun turut mempertaruhkan nyawa di...

Doa Meminta Kemudahan dalam Menjalani Kehidupan

Doa hari ini أللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَانَحْنُ فِيْهِ وَمَا نَطْلُبُـهُ وَنَرْتَجِيْـهِ مِنْ رَحْمَتِكَ فِي أَمْرِنَا كُلِّهِ فَيَسِّرْ لَنَا مَا نَحْنُ فِيْهِ مِنْ سَفَرِنَا وَمَا نَطْلُبُهُ...

Tips Menggoreng Ikan Teri Agar Tidak Keras, Pasti Renyah!

Oleh: Lina Lusiana Potlot.id -- Siapa yang tidak mengenal ikan teri? Tentunya kita semua sudah pada tahu banget dong, ya, Gansist, apa itu ikan teri. Ikan...

Bagaimana Umat Islam Tahu Alqur’an Tidak Berubah?

Oleh: Firas Alkhateeb Potlot.id -- Kebangkitan Eropa dari abad kegelapan menuju masa pencerahan intelektual sejak tahun 1600-an hingga 1800-an adalah salah satu gerakan paling kuat...