Rabu, Oktober 28, 2020

Peringatan HUT TNI ke-75 Digelar Secara Virtual dari Istana Negara

Potlot.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-75 pada hari ini, Senin (5/10). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tengah pandemi Covid-19 acara Peringatan HUT Ke-75 TNI digelar secara virtual.

Istana Negara, Jakarta dipilih menjadi tempat pelaksanaan. Guna memastikan acara esok hari berjalan lancar, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah meninjau pelaksanaan Gladi bersih pada Sabtu 3 Oktober.

“Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI mengecek langsung kesiapan pelaksanaan Upacara HUT ke-75 TNI yang dilakukan secara virtual, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi Covid-19,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil, dalam keterangan tertulisnya.

Dalam kegiatan tersebut Hadi tidak sendiri. Dia turut didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, serta jajaran petinggi TNI lainnya.

“Usai pelaksanaan gladi bersih tersebut, Panglima TNI memimpin doa bersama untuk memohon kelancaran pelaksanaan HUT TNI ke-75 yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 5 Oktober 2020,” ujarnya.

Anugerah Bintang Militer

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanda kehormatan bintang militer kepada 3 anggota TNI. 3 anggota TNI yang dianugerahi bintang militer tersebut berasal dari 3 matra, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

Ada 3 bintang militer yang diberikan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 9, 22, 27/TK Tahun 2020 Tanggal 26 Maret 2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

“Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya. Memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Kesatu, memberikan bintang kepada mereka yang nama dan pangkat jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini, sebagai penghargaan kepada AD, AL, dan AU yang di bidang tugas kemiliteran yang menunjukkan kemampuan kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara tanpa merugikan tugas pokoknya,” kata Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto membacakan Keputusan Presiden.

Tiga anggota TNI yang mendapatkan bintang militer tersebut yakni:

#1 Sri Widodo, Kolonel Infanteri, NRP 11940019860971, Wadanpusdiklatpassus Kopassus, yang dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.
#2 Suryo Hadi Umar, Kapten Marinir, NRP 20296P, Pasi Intel Yonif 1 Pasmar 2 Korps Marinir, yang dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya.
#3 Sobirin, Pembantu Letnan Satu, NRP 518297, Bintara Batalyon Kesehatan Denma Mabes AU, yang dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya. (*)

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

POPULER

Salat tapi Pacaran?

Oleh: Ahmad Syarief Potlot.id -- Pacaran, sebuah istilah bagi sepasang anak manusia yang saling mengikat hubungan satu sama lain dengan komitmen sehidup semati. Namun sejak kapan...

Nabi Yunus, Lockdown, dan Doanya

Oleh: Prof. Madya Dr. Abdurrahman Haqqi* Potlot.id -- Jika Anda ditanya, “Siapakah dua orang Rasul yang dinasabkan kepada ibunya?” Nabi Isa AS yang dinasabkan kepada...

Tipe-Tipe Mahasiswa Menyebalkan dari Kaca Mata Dosen

Oleh: Ilham Syahrul Jiwandono Dari banyak tulisan keluhan mahasiswa soal kuliah, kebanyakan meyakini bahwa nilai jelek itu artinya ada andil kesalahan dosen. Hmm. Hape saya berdering, tampak ada pesan wasap masuk dari...

Meneladani Mujahidah Tangguh Zaman Rasulullah

Potlot.id -- Bersungguh-sungguh dalam membela Agama Islam di garda depan bukan monopoli kaum lelaki saja. Di zaman Rasulullah, perempuan-perempuan pun turut mempertaruhkan nyawa di...

Doa Meminta Kemudahan dalam Menjalani Kehidupan

Doa hari ini أللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَانَحْنُ فِيْهِ وَمَا نَطْلُبُـهُ وَنَرْتَجِيْـهِ مِنْ رَحْمَتِكَ فِي أَمْرِنَا كُلِّهِ فَيَسِّرْ لَنَا مَا نَحْنُ فِيْهِ مِنْ سَفَرِنَا وَمَا نَطْلُبُهُ...

Tips Menggoreng Ikan Teri Agar Tidak Keras, Pasti Renyah!

Oleh: Lina Lusiana Potlot.id -- Siapa yang tidak mengenal ikan teri? Tentunya kita semua sudah pada tahu banget dong, ya, Gansist, apa itu ikan teri. Ikan...

Persiapan Ramadan di Makkah dan Madinah

Potlot.id -- Ramadan sudah sangat dekat, Mahkamah Ulya Arab Saudi menyerukan untuk mencari penampakan hilal pada kamis sore, 30 Sya’ban 1441 H. Masjidil Haram dan...